Minggu, 14 Februari 2021

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pikiran, dan aspek budaya lainnya. [1] [2] Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk munculnya Telegraph dan Internet, merupakan faktor utama globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (saling ketergantungan) kegiatan ekonomi dan budaya. [3]

Meskipun sejumlah pihak menyatakan bahwa globalisasi dimulai di era modern, beberapa ahli lain melacak sejarah globalisasi sampai sebelum usia Eropa dan pelayaran ke dunia baru. Ada juga para ahli yang mencatat terjadinya globalisasi pada milenium ketiga sebelum AD. [4] [5] Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, koneksi budaya ekonomi dan dunia berlangsung dengan sangat cepat.

Istilah globalisasi semakin banyak digunakan sejak pertengahan 1980-an dan lebih sering sejak pertengahan 1990-an. [6] Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi: perdagangan dan transaksi, pergerakan modal dan investasi, migrasi dan perpindahan ilmu pengetahuan, dan pembebasan sains. [7] Selain itu, tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air dan udara lintas batas, dan penangkapan ikan yang berlebihan juga berkaitan dengan globalisasi. [8] Proses globalisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh prosedur bisnis dan pekerjaan, ekonomi, sumber daya sosial budaya, dan lingkungan alam.

Manusia telah berinteraksi dalam kisaran jarak jauh selama ribuan tahun. Misalnya, jalur sutra tanah yang menghubungkan Asia, Afrika dan Eropa dan menyebabkan banyak perubahan pada peradaban negara-negara di "dunia lama". Pikiran, agama, bahasa, seni, dan aspek budaya lainnya menyebar dan dicampur ketika negara bertukar barang dan ide.

Perpindahan, barang, dan ide manusia global berkembang pada abad-abad berikutnya. Pada abad ke-15 dan ke-16, orang-orang Eropa membuat rintisan paling penting dalam eksplorasi lautan, salah satunya adalah pelayaran transatlantik ke "dunia baru" yang disebut Amerika. Pada awal abad ke-19, pengembangan transportasi baru (seperti kapal uap dan kereta api) dan telekomunikasi yang membuat ruang dan waktu memungkinkan interaksi global dengan sangat cepat. [9] Pada abad ke-20, kendaraan darat, transportasi antar moda, dan maskapai penerbangan membuat transportasi lebih cepat. Penemuan telekomunikasi elektronik, seperti ponsel dan internet, membuat miliaran orang dapat dihubungkan dengan berbagai cara pada tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pikiran, da...